meningkatkan trafik dan penjualan dengan afiliate marketing
Bisnis enterprenueur dan Start UP

Meningkatkan trafik dan penjualan dengan program afiliasi | belajar internet marketing

Apa itu Affiliate Marketing?

Pada dasarnya pemasaran dengan menggunakan program afiliasi merupakan strategi pemasaran dengan cara bagi hasil atau komisi.

Komisi ini akan di berikan ketika ada orang yang melakukan transaksi yang datang dengan cara mengklik link afiliasi dari website yang mempromosikan bisnis online anda.

Jika di umpamakan afiliate marketing seperti menggunakan agen perantara yang akan mencarikan orang orang yang akan mengunakan atau membeli produk bisnis online anda.

Supaya lebih mudah di pahami saya akan jelaskan dengan menggunakan contoh di dunia nyata pada Wedding organization .

Misalkan ada sepasang muda mudi yang akan menikah dan berniat menyewa jasa wedding organization untuk memanage pesta pernikahan mereka.

Sebut saja nama mereka berdua adalah Ina dan Hendry.

Ina dan Hendry menghubungi jasa WO yang bernama WO Mawar.

Selayaknya penyedia jasa WO pada umumnya yang sudah sering menangani prosesi pernikahan WO mawar tentu sudah sering bertemu dan kenal dengan penyedia jasa lain yang berhubungan dengan pesta pernikahan.

Seperti Make Up penganting , Fotografer yang bisa membuat dokumentasi untuk pesta pesta pernikahan dan lain lain.

Dengan memanfaatkan relasi yang di miliki oleh WO mawar Ina dan hendri bisa mendapatkan diskon untuk tiap layanan yang mereka inginkan dengan memesan “lewat” Jasa WO mawar tadi.

Dan mereka hanya akan mendapatkan diskon jika meng order dengan bantuan dari WO mawar saja.

Perantara seperti inilah yang dalam internet marketing di kenal dengan afiliate marketer.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Apa itu bisnis afiliate marketing?

Mudahnya afiliate merketer akan mengirimkan visitor dari situs mereka ke website binis online milik anda.

Dan jika terjadi transaksi dari visitor yang datang dari situs afiliate marketer tersebut mereka akan mendapatkan komisi berdasarkan persentase yang sudah di sepakati sebelumnya.

Berikut ini thapan dari afiliate marketing

 

  • Link afiliasi di berikan ke afiliate marketer :
    Umumnya pemilik website lain yang ingin merekomendasikan bisnis online anda akan mendaftar ke website anda dan mendapatkan link afiliasi yang nanti akan di pasang di website mereka
  • Marketer akan mempromosikan bisnis anda di website mereka:
    Biasanya marketer akan membuat kontent kontent yang membahas topik yang berkaitan dengan binis online anda , lalu menyisipkan link afiiasi tadi agar visitor mereka mengunjungi website anda.
  • Visitor website mereka akan mengunjungi website anda dengan mengklik link yang di pasang di kontent mereka tadi:
    Pengunjung yang datang dari website marketer tadi adalah pengunjung yang sangat berpotensi untuk menggunakan bisnis online anda.
  • Marketer mendapatkan komisi dari transaksi yang terjadi:
    Ketika transaksi yang terjadi di website anda berasal dari visitor marketer mereka akan mendapatkan komisi untuk tiap transaksi.

 

Dari mana anda akan tahu jika visitor itu datang dari website afiliate marketer?

 

Link afiliasi yang anda berikan ke marketer tadi akan meninggalkan cookies berupa file kecil di komputer visitor blog mereka, yang nanti berfungsi sebagai penanda bahwa visitor tersebut datang dari website  marketer.

 

Sebagian besar website website binis online ternama di dunia termasuk indonesia menggunakan program afiliasi di situs mereka.

Hal ini di karenakan efektifitas dan biaya yang sangat murah serta dapat meningkatkan brand awarenes dengan sangat cepat.

Kenapa anda harus membuat program afiliasi untuk bisnis online anda?

 

1. Visitor yang postensial

Karena afiliate marketing hanaya aka memberikan komisi beradasarkan transaksi yang terjadi , maka pra promoter akan terdorong untuk mendatangkan trafik yang benar benar memilki potensi terbaik untuk membeli.

2. Memperkenalkan brand

Afiliasi merupakan teknik menjalin kemitraan dengan website lain yang sudah memilki trafik nya sendiri.

Kepada pembaca setia mereka ini lah nantinya brand milik anda akan di perkenalkan.

3. Backlink gratis dan berkualitas

Backlink adalah point penting dalam SEO, dengan menggunakan afliate marketing anda akan mendapatkan backlink gratis dari setiap promoter.

Backlink yang mereka berikan pun adalah jenis backlink yang berkualitas karena diberikan di dalam kontent.

Strategi yang sangat membant dalam proses link building yang dengan cepat akan mendonkrak visibilitas situs anda di mesin pencari!

4. Biaya Promosi termurah setelah SEO

Karena Afiliasi hanya akan memberikan komisi ketika ada transaksi maka anda tidak harus takut kehilangan sia sia uang milik anda.

Hal ini berbeda dengan memasang iklan berbayar yang belum tentu akan mendatangkan trafik dengan persentase 100% terjadi trnsaksi.

5. Mendatangkan trafik tinggi dengan cara paling cepat dan mudah

Dalam hubungannya dengan upaya pemasaran Anda yang lain, merekrut afiliasi ke program Anda akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan lalu lintas lebih cepat. Semakin banyak situs yang menautkan ke halaman Anda, semakin banyak kesempatan yang Anda miliki untuk mengubah pengguna tersebut menjadi pelanggan berbayar. Manfaat lain dari memiliki tautan situs ini kembali ke situs Anda adalah nilai tambah yang akan digunakan oleh mesin telusur di situs Anda. Pada dasarnya memiliki sumber daya luar yang menghubungkan kembali ke situs Anda secara positif memengaruhi peringkat mesin pencari Anda, yang akan melengkapi upaya SEO Anda yang ada.

Afiliasi pemasaran dapat menjadi investasi yang sangat efektif, berisiko rendah untuk membantu memperluas upaya pemasaran Anda di luar bandwidth tradisional usaha kecil. Untuk alasan-alasan yang tercantum di sini, kami percaya bahwa pemasaran afiliasi bernilai investasi dan dapat membawa program Anda ke tingkat yang baru.

Jadi apa anda sudah siap untuk membuat program afiliasi anda sendiri?

4 langkah yang harus anda hadapi saat ingin membuat program afiliasi anda sendiri

Jika anda ingin membuat program afiliasi dan mendapatkan penghasilan dari penjualan produk ada 4 tahap setidaknya yang harus anda jalani.

Pertama, Memiliki produk .

Tentu saja untuk bisa mendapatkan penghasilan harus ada produk , baik itu produk digital atau produk fisik.

Kedua, Pastikan produk anda benar benar di butuhkan orang lain .

Anda bisa saja memilki segudang ide tentang produk yang di sukai orang banyak. Namun pertanyaannya benarkah ? atau itu cuma angan angan anda saja.

Ketiga, Perhatikan kualitas produk .

Terakhir dan yang paling penting, temukan jaringan dari orang orang yang akan memasarkan produk anda.